Blog

Mengenal Game Console Arduino

Poker Online kali ini akan membahas tentang Pengenalan Game Console Arduino, yakni sebuah platform Open-Source publik, yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Game Console (Konsol Game) sendiri, berdasarkan kreatifitas yang kita miliki.  Jadi, anda bisa tidak membeli konsol, dan lebih memilih untuk membuatnya sendiri dengan bahan-bahan seadanya.

Apa Itu Arduino?

Arduino adalah perusahaan hardware dan software komputer yang bersifat open source, proyek, dan komunitas pengguna yang bertujuan untuk mendesain dan memproduksi mikrokontroler single-board dan mikrokontroler untuk membangun perangkat digital dan objek interaktif yang dapat dikontrol dari dunia nyata, namun memiliki output ke dunia virtual (dalam kasus ini adalah game).

Produk proyek didistribusikan sebagai perangkat lunak Open Source, yang dilisensikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU GNU (LGPL) atau Lisensi Publik Umum GNU (GPL).

Platform terbuka ini memungkinkan pembuatan papan Arduino dan distribusi perangkat lunak oleh siapa pun karena proses pembuatannya pun cukup mudah dan murah. Papan Arduino tersedia secara komersial dalam bentuk preassembled, atau sebagai kit untuk DIY (Do It Yourself).

Desain PCB Arduino menggunakan berbagai mikroprosesor dan pengendali. PCB dilengkapi dengan set pin input / output (I / O) digital dan analog yang dapat dihubungkan ke berbagai papan ekspansi atau Breadboards, serta sirkuit lainnya.

Papan PCB tersebut dapat menampilkan antarmuka komunikasi serial, termasuk Universal Serial Bus (USB) pada beberapa model, yang juga digunakan untuk memuat program dari komputer pribadi.

Mikrokontroler biasanya diprogram menggunakan fitur dari bahasa pemrograman C dan C ++. Selain menggunakan toolchain kompiler tradisional, proyek Arduino menyediakan ruang lingkup pengembangan terintegrasi (IDE) berdasarkan proyek bahasa Pemrosesan.

Proyek Arduino dimulai pada tahun 2003 sebagai program untuk siswa di Interaction Design Institute Ivrea di Ivrea, Italia. Tujuannya adalah untuk menyediakan cara yang murah dan mudah bagi pemula dan profesional untuk menciptakan perangkat yang berinteraksi dengan lingkungan mereka menggunakan sensor dan aktuator. Contoh umum dari perangkat yang ditujukan untuk para penggemar pemula termasuk robot sederhana, termostat, dan detektor gerak.