Vip

Tips Mudah Mengurus SLF Bangunan Industri di Bandung

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) merupakan dokumen wajib bagi bangunan yang didapatkan setelah selesai pembangunan dan dikeluakan oleh pemerintah daerah. Dokumen SLF wajib dimiliki oleh perusahaan sebagai legalitas dan bukti bahwa bangunan tersebut layak untuk digunakan. Permohonan SLF bisa diajukan setelah pembangunan bangunan selesai. Syaratnya meman bisa dikatakan mudah untuk dipenuhi, akan tetapi banyak perusahaan yang kesusahan dan kerepotan mengurus permohonan SLF pabrik. Berikut tips yang dapat digunakan ketika ingin mengurus SLF :

Menggunakan Jasa Konsultasi SLF

Anda yang berencana untuk mengurus SLF pabrik yang sudah selesai masa pembangunannya maka Anda disarankan untuk menggunakan jasa konsultasi SLF. Hal ini dikarenakan perlu orang yang berpengalaman dalam bidangnya agar birokasinya mudah. Namun Anda harus bisa memastikan bahwa penyedia jasa yang Anda pilih tersebut berkualitas dan sudah memiliki pengalaman yang bagus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ke depannya menjumpai masalah.

Pilih Klasifikasi SLF Bangunan yang Tepat

SLF diklasifikasikan menjadi 4 kategori yang mana didasarkan pada jenis dan luasan bangunan, diantaranya yaitu:

  • Kelas A untuk jenis bangunan non rumah tinggal di atas 8 lantai
  • Kelas B untuk jenis bangunan non rumah tinggal di bawah 8 lantai
  • Kelas C bangunan rumah tinggal yang memiliki luas lebih atau sama dengan 100 m2
  • Kelas D untuk bangunan rumah tinggal yang luasnya kurang dari 100 m2

Melengkapi Persyaratan

Agar Anda segera mendapatkan SLF maka pastikan untuk benar-benar melengkapi persyaratan. Persyaratan dapat dilihat di laman resmi instansi yang mengurus SLF tersebut. Tetapi ingat, persyaratan mengurus SLF kemungkinan berbeda-beda sesusai dengan ketetapan pemerintah daerah. Pastikan bahwa bangunan Anda tidak dala sengketa, sehingga dokumennya tak ada yang salah atau mengandung hal yang ilegal, hal ini untuk menghindari masalah yang timbul dikemudian hari. Apabila Anda yakin persyaratan sudah tersedia lengkap maka anda akan dengan mudah dalam menyetorkan persyaratan ke pemerintah daerah. Pastikan kembali untuk meneliti dokumen sebelum mengajukan permohonan.

Untuk mendapatkan SLF Anda tidak perlu khawatir akan biaya yang mahal, karena sertifikat ini gratis atau tidak dipungut biaya sedikitpun. Hati-hati kepada pihak yang tidak bertanggungjawab yang mengambil keuntungan pribadi ketika anda mengajukan SLF.